• Website dalam perbaikan. Website dalam perbaikan.. Admin
  • Website masih dalam perbaikan.. admin

Menkeu Ingatkan Perubahan Kebijakan TKDD Tahun Depan

Rabu, 20 Desember 2017 ~ Oleh redaksi berita ~ Dilihat 8 Kali

Yogyakarta, 18/12/2017 Kemenkeu - Pada tahun 2018 akan dilakukan beberapa perubahan kebijakan yang bersifat fundamental dalam pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). "Dalam forum yang baik ini, bagi kami Kementerian Keuangan untuk bisa menjelaskan kepada bapak dan ibu sekalian mengenai arah dari 2018 dan apa-apa yang perlu untuk diwaspadai, dipahami, dilaksanakan, dijaga dipertanggungjawabkan," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2018 bertempat di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta pada Jum'at lalu (15/12).

Salah satu perubahan kebijakan tersebut adalah pemberian Dana Insentif Daerah berdasarkan kategorisasi penilaian yang diharapkan bisa memacu kinerja daerah dalam pengelolaan keuangan, pelayanan pemerintahan umum, pelayanan dasar publik, serta kesejahteraan masyarakat. "Daerah hanya akan mendapat insentif kalau mereka deliver memperbaiki kinerja dan kinerja nya itu rakyatnya makin baik, makin pinter, makin sehat, tidak kurang gizi, kemiskinan turun, inflasi rendah dan kesempatan usaha juga bisa meningkat. Itu adalah indikator yang seharusnya muncul di dalam apa yang disebut dana insentif daerah," jelas Menkeu.

Mengingat TKDD mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pendapatan APBD dan APBDes, maka perubahan kebijakan pengelolaan TKDD tersebut perlu diikuti dengan perbaikan pengelolaan APBD dan APBDes. "Saya berharap kemajuan melakukan e-planning, e-budgeting, e-procurement bisa dilakukan berapa daerah yang bisa melakukan itu secara baik. Oleh karena itu saya berharap Bapak Ibu sekalian untuk tadi forum ini agar bisa saling komunikasi, sinergi, koordinasi dan saling belajar yang baik kenapa ada daerah yang bisa melakukan pengelolaan daerahnya secara baik," harapnya.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 280 perwakilan daerah yang terdiri dari Gubernur/Bupati/Walikota, Kepala Biro/Badan/Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dari sebagian daerah di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. (ip/rsa)

Sumber : https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-ingatkan-perubahan-kebijakan-tkdd-tahun-depan/

KOMENTAR

  1. ARTIKEL TERKAIT